Thanks for comin' here buddies, keep reading P'bee online... with love: Na' Elt-Zahra :)

Kamis, 28 Juli 2011

BULLYER = LOSER!!!



JiKa P'Bee Lovers Pernah MerasaKan serunya bangKu seKoLah, beKerja diKantor, atau bergauL diManaPun dengan siaPaPun, MungKin banyaK diantara teMans Pernah Mendengar atau bahKan Pernah Menjadi Korban tindaK yang satu itu...
BuLLying, terdengar aneh MungKin diteLinga teMans. sebeLum saya bahas Lebih jauh Mengenai tidaKan tidaK MenyenangKan yang satu ini, saya aKan MemberiKan beberaPa Pengertian buLLying itu sendiri, diambiL dr berbagai suMber...

"Konon, istilah bullying ini terkait dengan bull, sapi jantan yang suka mendengus (untuk mengancam, menakuti-nakuti, atau memberi tanda). Kamus Marriem Webster menjelaskan bahwa bully itu adalah to treat abusively (memperlakukan secara tidak sopan) atau to affect by means of force or coercion (mempengaruhi dengan paksaan dan kekuatan)" - UbaidiLLah AN -

"Bullying berasal dari kata Bully, yaitu suatu kata yang mengacu pada pengertian adanya “ancaman” yang dilakukan seseorang terhadap orang lain (yang umumnya lebih lemah atau “rendah” dari pelaku), yang menimbulkan gangguan psikis bagi korbannya (korban disebut bully boy atau bully girl)berupa stres (yang muncul dalam bentuk gangguan fisik atau psikis, atau keduanya; misalnya susah makan, sakit fisik, ketakutan, rendah diri, depresi, cemas, dan lainnya). Apalagi Bully biasanya berlangsung dalam waktu yang lama (tahunan) sehingga sangat mungkin mempengaruhi korban secara psikis."

"kekerasan fisik dan psikologis berjangka panjang yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap seseorang yang tidak mampu mempertahankan diri dalam situasi dimana ada hasrat untuk melukai atau manakuti orang atau membuat orang tertekan, trauma / depresi dan tidak berdaya."

Pengertian bullying di tempat kerja antara lain sebagai berikut:

“workplace bullying involves people or groups of people who repeatedly exhibit aggression or inflict social ostracism, all within the established rules and policies of the organization. This could include verbal abuse, intimidating behavior, humiliating remarks, or career sabotage.” (http://blogs.techrepublic.com.com/career/?p=284&tag=rbxccnbtr1)

dan beriKutnya Qt bahas beberaPa bentuK buLLy yang tentu saja sering terjadi daLam KehiduPan Qt:

# Fisik (memukul, menampar, memalak atau meminta paksa yang bukan miliknya, pengeroyokan menjadi eksekutor perintah senior).
# Verbal (memaki, mengejek, menggosip, membodohkan dan mengkerdilkan).
# Psikologis (mengintimdasi, mengecilkan, mengabaikan, mendiskriminasikan)


SeteLah MeniLiK Lebih jauh tentang Pengertian dan bentuK2 buLLying, sePertinya saya merasa diLeMpar Ke masa2 seKoLah yang Penuh dengan Persaingan tidaK sehat daLam ruang LingKuP PergauLan saya di seKoLah mauPun di rumah.
Saya sangat ingat, betaPa tersiKsanya Menjadi Korban buLLying, MesKi bentuKnya tidaK secara fisiK.
Sebenarnya saya buKan terMasuK anaK yang Cengeng Pada saat itu, saya diLahirKan dari KeLuarga yang cuKup tegas (baca: galaK) dan terbiasa diberi oMeLan (aKibat Kebadungan saya Pada Masa KeciL Red.) :D
Namun tindaK buLLying yang saya alami cuKuP Membuat Pribadi dan PsiKoLogis saya sediKit berMasalah. saya tuMbuh Menjadi anak yang 'aga' Minder, sediKit introfert, dan menjadi anaK yang suLit bergauL.
dari KetidaK-Percayaan diri yang saya rasaKan itu, aKhirnya saya Merasa tidaK daPat MemaKsimaLKan KemamPuan yang saya MiLiKi. Prestasi saya Menurun drastis, saya Menjadi MaLas seKoLah dan berKumPuL bersama teMan2 seusia saya, seLain itu saya juga tidaK Punya cukuP nyali untuK MenunjuKKan bakat yang saya MiLiKi dihadaPan Orang banyaK.

Namun seiring bertaMbahnya Usia, saya seMakin Menyadari bahwa ada yang saLah dengan diri saya. saya MengaLami Kemunduran yang amat sangat daLam KuaLitas HiduP saya, dan seteLah saya amati, Penyebabnya tidaK Lain Karena saya Merasa diperLaKuKan Kurang baiK oleh sebagian Orang dLm LingKungan PergauLan saya saat itu.

Saya sadar, introsPeKsi, LaLu dengan PeLan2 saya Membenahi diri.
Namun ada beberaPa KaraKter yang terbawa Hingga saat ini, diantaranya adaLah saya aga suLit bergauL. SamPai seKarang, saya Hanya MemiLiKi beberaPa Kawan dan sediKit sahabat... :)

Pasca MeLewati masa2 suLit di bangKu seKoLah, saya Luarbiasa sedih Ketika Mendengar adiK2 saya juga MengaLami tindakan Kurang Menyenangkan dari beberapa teMannya. saya bingung, apa yang Harus saya LaKuKan?? sedang saya sendiri tau bagaimana suLitnya jatuh bangun MengeMbaLiKan KePerCayaan diri saya daLam waKtu yang tentu saja tidaK sebentar.

Namun saya berusaha seKuat hati untuK daPat MeyaKinKan adiK2 saya, bahwa PerLaKuan tidaK MenyenangKan dari Kawan-Kawannya Harusnya justru MeLecut seMangat Prestasi mereKa. Karena yang saya tau, MereKa diPerLaKuKan tidaK adiL buKan Karena KeLemahannya, namun justru Karena KeLebihan dan Prestasi yang adiK2 saya MiLiKi (MungKin cLassmates-nya itu Merasa terintiMidasi atau tersaingi Kali yah) Hehe.. :p

Dan KembaLi saya ingatKan, bahwa tindaK buLLying tidaK Hanya terjadi diLingKungan seKoLah dan diUsia reMaja saja, PeLuang terjadinya tindaKan ini juga seringKaLi ada diLingkungan Kantor, Organisasi, atau MasyaraKat dewasa Pada uMumnya.

Betapapun bencinya Kita Pada seseOrang, sebagai seOrang yang berMartabat dan berPendidiKan aLangKah baiKnya Kita MenunjuKKan siKaP yang bijaK dan beretiKa untuK MenunjuKKan KeKesaLan Kita. dengan MengataKan Langsung Pada Orang yang Membuat Kita KesaL Mengenai KesaLahannya terdengar Lebih Manusiawi dan Pastinya Lebih daPat diteriMa OLeh sang terdaKwa,Hehe.. Yang Pasti TindaK buLLying tidak akan Pernah ada KebaiKan didaLamnya ditinjau dari sudut ManaPun.

SeKarang saatnya Kita HARUS tegas KataKan "TIDAK UNTUK BULLYING" Karena Hanya seOrang Pengecut yang MeLaKuKan tindakan yang efeKnya tidaK Main2 ini.
Once again, "SAY NO TO BULLYING" No Matter what...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar