Thanks for comin' here buddies, keep reading P'bee online... with love: Na' Elt-Zahra :)

Selasa, 14 Februari 2012

What's the matter with February 14th???

Siapa yang taK senang diberi Hadiah?? Saya yaKin, bahKan HaQQuL yaQiiin bahwa dibeLahan bumi manaPun, dengan suKu, agama, dan Ras aPaPun Pasti aKan senang, minimaL tersenyum saat ada seseOrang yang Memberikan Hadiah atau Kado. TaK terKecuaLi MahLuK cantiK sePerti saya. DimuLai KetiKa saya mengadaKan syuKuran uLang tahun saat saya berusia 11 tahun duLu, Perayaan Sweet seventeen, saMpai KetiKa saya menggeLar syuKuran waLimatuL 'Ursy dua buLan yang Lalu, rasanya seLaLu Dag-dig-dug tidaK Karuan di detiK2 saat saya membuKa bungKusan2 warna warni nan Misterius itu.
Setahu saya, di desa saya: Buntet Pesantren, trend memberiKan Kado (Sebuah Hadiah yang dibungKus dgn Kertas berCoraK meriah dan Kadang diberi Hiasan Pita peLbagai warna) MaraK saat Ummi saya (Ummi HiKmah Haniaty binti KH. Chowash Nuruddin) menggeLar syuKuran PerniKahan di awaL tahun 80-an (tePatnya Pada tahun 1984).
Pada saat itu, Ummi saya yang MeruPaKan Putri dr Ketua Lembaga PendidiKan IsLam (yang seKarang telah berubah Menjadi YLPI), serta Cucu dari sesePuh Buntet beriKut anggota MPR-DPR RI Pd saat itu (KH. Mustamid 'Abbas) MeniKah dgn Abah saya (Tajuddin Zen) yang meruPakan Putra dari KH. ZainaL 'Abidin yang terKenaL sbg seorang 'ULama seKaLigus Saudagar Kaya, tentu saja mengadaKan aCara syuKuran yg Maha besar. Pesta PaLing meriah di zamannya, yang mengundang ribuan Undangan dari berbagai KaLangan. Tamu undangan yang Hadir dari KaLangan Pejabat dan Pengusaha asaL Kota besar Pastinya sudah mengenaL istiLah 'Kado'. Namun baru KaLi itu sebuah Pesta PerniKahan mengHasiLKan Kado yang menggunung memenuhi ruMah ShahibuL bait (tuan rumah) berisiKan berbagai souvenir yang sangat istimewa.
ini KaLi Pertama untuK MasyaraKat Buntet Pd Umumnya mengenaL bungKusan menariK berisi Hadiah cantiK, dan bagi Ummi saya Khususnya.
SejaK saat itu, baruLah Para Pemuda Pemudi di Kampung Halaman saya gemar MemberiKan Kado untuK mengungKapKan seLamat, terimaKasih, dan UngKapan cinta terhadaP sesama. Hingga saat ini, trend memberiKan Kado sudah sangat membudaya di Negri Kita mesKi seMpat ada Larangan UntuK memberiKan Hadiah beruPa ParceL Kpd Pejabat baiK yang muda saMpai yang Lanjut Usia, taK ragu untuK membungKus indah Hadiah demi yang terCinta.

Namun beberaPa tahun beLaKangan, sering KaLi saya disuapi dgn berbagai artiKeL dan Pengumuman berisi Larangan Keras memberiKan Hadiah Pd tanggaL 14 February. Konon Katanya tanggaL tersebut meruPaKan Hari dimana seorang Pastor di eroPa terbunuh aKibat meniKahKan Para tentara yang diLarang MeniKah oLeh Pemerintah demi KeLancaran tugas Negara. Pastor tsb diHuKum mati aKibat KetidaK taatan Pd negaranya. Namun masyaraKat Kristiani Pd saat itu memProtes Keras dengan Keputusan Pemerintah yg memancung sang pastor, bahKan mengecam tindaKan tidaK berPeriKemanusiaan tsb. Berbanding terbaLiK dengan Kebencian mereka terhadaP Pemerintah, Kecintaan MereKa terHadaP sang Pastor sungguh diLuar dugaan, Hari terbunuhnya Pastor yang teLah menyatuKan cinta ummatnya itu diPeringati sebagai Hari Kasih sayang (VaLentine's day).
Hari Kasih sayang ini bahKan sudah sangat Lazim dirayaKan oLeh manusia diseLuruh Penjuru dunia (termasuK Kaum MusLimin) dengan memberiKan Hadiah beruPa coKLat, Kado, dan atau MemberiKan Perhatian sePerti mengajaK Orang tersayang candle Light dinner dan BerLibur Ke teMpat wisata.
BanyaK versi sejarah VaLentine yang saya daPat dari berbagai artiKeL di media cetaK mauPun PeneLusuran meLaLui Internet, namun tidaK seorangPun siap bersaKsi mengenai vaLiditas sejarah Hari Kasih sayang tsb secara Pasti sehingga beLum tentu Kebenarannya. PadahaL saya amat sangat terganggu dengan Posting2 di jejaring sosial yang Kian MaraK mengecam Orang2 yang merayaKan VaLentine's day. BahKan sebagian oKnum berani MengKafirKan Ummat MusLim yang iKut MenyemaraKKan event tsb, AstaghfiruLLaaah...

PadahaL SebetuLnya daLam agama IsLam juga terdaPat Peringatan Hari Kasih sayang di buLan Muharrom yang menganjurKan Para Orang tua memanjaKan anaK-anaKnya, suami membahagiaKan istrinya, istri Memberikan Perhatian Kpd suaminya, Para aghniyaa memberiKan santunan Kpd si FaKir dan anaK2 yatim, dan seterusnya. Intinya seCara maKna, tersirat bahwa Kaum MusLimin juga memiLiKi satu hari dibuLan muharrom untuK berbagi Kasih sayang KePada sesama, buKan berarti untuK MeLuPaKan Hari Lainnya, namun satu hari ini terLebih untuK senantiasa memngingat dan mereKonstruksi sikaP Kita terhadaP sesama setiap saat, setiaP waktu. Lantas, aPaKah KetiKa suami saya memberiKan surPrise beruPa Kado yang berisi berbagai Jenis CoKLat KesuKaan saya diHari yang Orang2 sebut sebagai Hari Kasih sayang berarti Kafir?? Na'udzubiLLahi min dZaLiK...
Allah maha Pengasih Lagi maha Penyayang. Ia Pasti menyayangi MahLuKnya yang suKa memberiKan Perhatian dan Kasih sayang terhadaP sesama, terLebih Kepada sang Istri yang diCintainya. Dan saat saya menerima Kado sPeciaL dr suami saya, rasa Haru dan bahagia bercampur jadi satu. buKan Karena saya mendaPat setuMpuK coKLat batangan favorit saya, namun Lebih dariPada itu, saya Menangis Haru Karna rasa syuKur saya Kpd Allah yg teLah menganugerahKan Pasangan Luarbiasa yang menyemPurnaKan HiduP saya...

Namun tidaK Hanya saat vaLentine's day dia memberiKan saya Hadiah, dua hari sebeLumnya saya diHadiahi boneKa Peddington Bear yang Lucu, seLalu menghadiahi KecuPan mesra dikening saya setiaP waKtu, Hadiah KaLimat 'I LOVE YOU' yang diucaPKannya setiaP saya MembuKa mata diPagi Hari, darK chocoLate & Kebab turKi idoLa saya yang dibawaKannya untuK Oleh2 sePuLang Kantor haMpir setiaP minggu, dinner diLuar dan berLibur KeLuar Kota saat HoLiday tiba, membeLiKan Majalah Langganan saya yang terbit setiaP dua minggu, berburu Fashion item setiap buLan, dan Masih banyaK lagi 'Kado-Kado' yang taK Henti ia beriKan Pd saya. :D
MaKa KetiKa Para muda Mudi seLaLu merayaKan Hari Kasih sayang Hanya Pd tanggaL 14 February, saya dan KeKasih seLalu merayaKannya disetiap Hembus nafas yang Kami HeLa setiaP detiKnya... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar